Artikel Kebudayaan Indonesia Terkini Tentang Batik

Artikel Kebudayaan Indonesia

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telahmenjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa). Yang merupakanwarisan nenek moyang bangsa Indonesia sejak dahulu kala. Sejarah pembatikan di Indonesia berkaitan dengan perkembangan kerajaanMajapahit dan kerajaan sesudahnya. Dalam beberapa catatan perkembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaanMataram, kemudian pada kerajaan Solo dan Yogyakarta Artikel Kebudayaan Indonesia.

Artikel Kebudayaan Indonesia Terkini

Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi turun menurun, sehingga kadang kalasuatu theme dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa theme batik dapatmenunjukkan status seseorang. Bahkan sampai saat ini beberapa theme batik tradisional hanya dipakaioleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta Artikel Kebudayaan Indonesia.

Artikel Kebudayaan Indonesia Terkini Tentang Batik

Perempuan-perempuan Jawa dimasa lampau menjadikan keterampilan mereka dalammembatik sebagai mata pencaharian sehingga dimasa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaaneksklusif perempuan. Semenjak industrialisasi dan globalisasi, yang memperkenalkan teknik otomatisasi, batik jenis baru muncul dikenal sebagai batik top atau batik cetak sementara batik tradisional yangdiproduksi dengan tulisan tangan menggunakan inclining dan malam disebut batik tulis Artikel Kebudayaan Indonesia.