Kumpulan Berita Terbaru Masa Kini

Thursday, October 6, 2016

Ketahuilah Lima Tujuan Menikah dalam Islam



Pernikahan jadi satu buah prosesi yg sakral bagi seluruh orang. Setiap orang yg saling mencintai menginginkan pertalian mereka dipersatukan ke jenjang pernikahan. Ada tidak sedikit argumen pasangan buat menikah salah satunya merupakan buat laksanakan sunnah Nabi.

Namun, tak seluruh orang laksanakan pernikahan sebab argumen tersebut. Ada di antara mereka yg menikah dgn maksud utk memperoleh harta atau kenikmatan dari pasangannya saja. Bahkan di antara mereka ada yg meremehkan pasangannya sesudah mendapati apa yg diinginkan.


Padahal sebenarnya di dalam agama Islam, pernikahan bukan cuma dijadikan arena pemersatu dua hati yg saling mencintai saja. Namun lebih dari kepada itu, ada sekian banyak maksud dari lakukan pernikahan di dalam Islam. Apa sajakah itu? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Menjaga Diri Dari Perbuatan Maksiat
Tujuan mula-mula dari pernikahan menurut Islam yaitu utk menjaga diri dari aksi maksiat. Seperti yg ketahuan, kepada ketika ini tidak sedikit anak bujang yg menjalin pertalian yg tak diperbolehkan di dalam Islam yaitu dgn berpacaran. Hubungan yg begitu ini jadi ladang dosa bagi mereka yg menjalaninya lantaran bisa memunculkan nafsu antara satu bersama yang lain.

Rasulullah SAW bersabda: “Wahai para pemuda, barang siapa dari anda sudah bisa memikul tanggul jawab keluarga, hendaknya serentak menikah, lantaran dgn pernikahan engkau lebih dapat buat menundukkan pandangan & menjaga kemaluanmu. Dan barang siapa yg belum dapat, sehingga hendaknya beliau berpuasa, sebab puasa itu bisa mengendalikan dorongan seksualnya.” (Muttafaqun ‘alaih)

Nafsu syahwat ialah fitrah yg ada dalam diri manusia. Untuk menjaga diri dari tindakan maksiat, sehingga mereka yg sudah bisa dianjurkan utk menikah. Namun jikalau belum sanggup, sehingga hendaknya berpuasa utk mengendalikan diri.

2. Mengamalkan Ajaran Rasulullah SAW
Seperti yg telah dijelaskan di atas bahwa pernikahan itu yaitu sunnah Nabi, menjadi mengamalkan aliran Rasulullah SAW jadi salah satu maksud dari pernikahan di dalam Islam. Sebagai umat Muslim, Rasulullah SAW dijadikan yang merupakan teladan dalam menjalani kehidupan. Dengan mengikuti apa yg dikerjakan oleh Rasulullah SAW berarti kita telah menjalankan sunnah-ya. Salah satu sunnah Rasul itu ialah menikah.

3. Memperbanyak Jumlah Umat Islam
Tujuan setelah itu dari pernikahan merupakan buat menambah jumlah umat Islam. Maksudnya di sini yaitu buah dari pernikahan tersebut dapat menyodorkan anak-anak kaum muslim ke dunia & mendidiknya jadi umat yg bermanfaat bagi agama & warga. Rasulullah SAW bersabda:

“Nikahilah wanita-wanita yg berbentuk penyayang & subur tidak sedikit( anak), sebab saya bakal berbangga-bangga dgn (jumlah) kalian dihadapan umat-umat yang lain nanti kepada hri qiyamat.” (Riwayat Ahmad, Ibnu Hibban, At Thabrany & dishahihkan oleh Al Albany)

4. Mendapat Kenyamanan
Tidak cuma elemen kebutuhan agama saja, nyata-nyatanya menikah serta bertujuan buat diri kita sendiri. Tujuan tersebut buat meraih kenyamanan & kedamaian dalam kehidupan di dunia ini. Allah Ta’ala berfirman:

“Dan di antara ayat-ayat-Nya merupakan Dia membuat untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, agar anda merasa nyaman kepadanya, & dijadikan-Nya di antaramu mawadah & rahmah. Sesungguhnya kepada yg begitu itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yg berpikir” [Ar-Rum 21].

5. Membina Rumah Tangga Yang Islami & Menerapkan Syari’at
tujuan terakhir pernikahan dalam agama Islam ialah utk membia hunian tangga yg islami & mengaplikasikan syari’at. Memang segala sesuatunya dimulai dari hal-hal yg mungil apalagi dulu. Maka penduduk yg damai & menjalankan falsafah Allah serta berasal dari tiap-tiap keluarga yg damai & menjalankan tanda Allah. Allah SWT berfirman:

“Hai orang-orang yg beriman, jagalah dirimu & keluargamu dari api neraka yg bahan bakaranya yakni manusia & batu; penjaganya mailakt-malaikat yg kasar yg keras, yg tak mendurhakai Allah pada apa yg diperintahkan-Nya pada mereka & senantiasa mengerjakan apa yg diperintahkan.” (QS. At Tahrim 6)

Demikianlah ulasan berkaitan lima maksud menikah dalam agama Islam. Sebagai kaum muslim, kita seharusnya mengetahui apa maksud dari suatu aba-aba atau panduan Allah & Rasulnya. Setelah mengetahuinya, ada baiknya buat menjalankan amalan tersebut biar meraih keridhaan Allah SWT.

Ketahuilah Lima Tujuan Menikah dalam Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ahmadia