Ketahuilah Lima Tujuan Menikah dalam Islam




Pernikahan jadi satu buah prosesi yg sakral bagi seluruh orang. Setiap orang yg saling mencintai mengharapkan pertalian mereka dipersatukan ke jenjang pernikahan. Ada tidak sedikit argumen pasangan buat menikah salah satunya yakni buat jalankan sunnah Nabi.

Namun, tak seluruhnya orang laksanakan pernikahan dikarenakan argumen tersebut. Ada di antara mereka yg menikah dgn maksud buat mendapati harta atau kenikmatan dari pasangannya saja. Bahkan di antara mereka ada yg meninggalkan pasangannya sesudah memperoleh apa yg diinginkan.


Padahal sebenarnya di dalam agama Islam, pernikahan bukan cuma dijadikan arena pemersatu dua hati yg saling mencintai saja. Namun lebih dari terhadap itu, ada sekian banyak maksud dari laksanakan pernikahan di dalam Islam. Apa sajakah itu? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Menjaga Diri Dari Perbuatan Maksiat
Tujuan perdana dari pernikahan menurut Islam yaitu buat menjaga diri dari aksi maksiat. Seperti yg didapati, kepada ketika ini tidak sedikit anak jejaka yg menjalin pertalian yg tak diperbolehkan di dalam Islam merupakan bersama berpacaran. Hubungan yg begitu ini jadi ladang dosa bagi mereka yg menjalaninya lantaran mampu memunculkan nafsu antara satu bersama yang lain. 

Rasulullah SAW bersabda: “Wahai para pemuda, barang siapa dari anda sudah dapat memikul tanggul jawab keluarga, hendaknya serta-merta menikah, sebab bersama pernikahan engkau lebih dapat utk menundukkan pandangan & menjaga kemaluanmu. Dan barang siapa yg belum bisa, sehingga hendaknya dia berpuasa, sebab puasa itu sanggup mengendalikan dorongan seksualnya.” (Muttafaqun ‘alaih)

Nafsu syahwat adalah fitrah yg ada dalam diri manusia. Untuk menjaga diri dari aksi maksiat, sehingga mereka yg sudah dapat dianjurkan utk menikah. Namun seandainya belum bisa, sehingga hendaknya berpuasa utk mengendalikan diri.

2. Mengamalkan Ajaran Rasulullah SAW
Seperti yg telah dijelaskan di atas bahwa pernikahan itu adalah sunnah Nabi, menjadi mengamalkan aliran Rasulullah SAW jadi salah satu maksud dari pernikahan di dalam Islam. Sebagai umat Muslim, Rasulullah SAW dijadikan juga sebagai teladan dalam menjalani kehidupan. Dengan mengikuti apa yg dikerjakan oleh Rasulullah SAW berarti kita telah menjalankan sunnah-ya. Salah satu sunnah Rasul itu merupakan menikah. 

3. Memperbanyak Jumlah Umat Islam
Tujuan setelah itu dari pernikahan yakni buat menambah jumlah umat Islam. Maksudnya di sini yaitu buah dari pernikahan tersebut bakal melahirkan anak-anak kaum muslim ke dunia & mendidiknya jadi umat yg bermanfaat bagi agama & warga. Rasulullah SAW bersabda:

“Nikahilah wanita-wanita yg bersifat penyayang & subur tidak sedikit( anak), sebab saya bakal berbangga-bangga bersama (jumlah) kalian dihadapan umat-umat yang lain nanti terhadap hri qiyamat.” (Riwayat Ahmad, Ibnu Hibban, At Thabrany & dishahihkan oleh Al Albany)

4. Mendapat Kenyamanan
Tidak cuma aspek kebutuhan agama saja, nyatanya menikah pula bertujuan utk diri kita sendiri. Tujuan tersebut utk mendapati kenyamanan & kedamaian dalam kehidupan di dunia ini. Allah Ta’ala berfirman:

“Dan di antara ayat-ayat-Nya yakni Dia membuat untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, agar anda merasa nyaman kepadanya, & dijadikan-Nya di antaramu mawadah & rahmah. Sesungguhnya terhadap yg begitu itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yg berpikir” [Ar-Rum 21].

5. Membina Rumah Tangga Yang Islami & Menerapkan Syari’at
tujuan terakhir pernikahan dalam agama Islam yakni utk membia hunian tangga yg islami & mengaplikasikan syari’at. Memang segala sesuatunya dimulai dari hal-hal yg mungil apalagi dulu. Maka penduduk yg damai & menjalankan falsafah Allah pula berasal dari tiap-tiap keluarga yg damai & menjalankan perintah Allah. Allah SWT berfirman:

“Hai orang-orang yg beriman, jagalah dirimu & keluargamu dari api neraka yg bahan bakaranya merupakan manusia & batu; penjaganya mailakt-malaikat yg kasar yg keras, yg tak mendurhakai Allah pada apa yg diperintahkan-Nya terhadap mereka & senantiasa mengerjakan apa yg diperintahkan.” (QS. At Tahrim 6) 

Demikianlah ulasan tentang lima maksud menikah dalam agama Islam. Sebagai kaum muslim, kita harusnya mengetahui apa maksud dari satu buah perintah atau tips Allah & Rasulnya. Setelah mengetahuinya, ada baiknya buat menjalankan amalan tersebut supaya meraih keridhaan Allah SWT.