Pengusaha Sukses di Indonesia

 

Pengusaha Sukses di Indonesia

pengusaha suksesJika Anda idamkan memulai bisnis sendiri, tentunya banyak orang yang menghambat dan mengurungkan niat Anda.

“Ah, bagaimana jikalau gagal?”

“Yakin kamu bisa? Susah loh memulai bisnis.”

“Modal berasal dari mana? Menafkahi anak istri saja tetap susah.”

Namun, untuk menapak jalur menuju kesuksesan, Anda perlu fokus pada hal-hal positif dan membantu ketimbang reaksi negatif berasal dari sekitar.

Sebagai contoh, Anda bisa melihat kisah sukses yang inspiratif untuk memotivasi diri. Dengan belajar berasal dari pengalaman dan kisah mereka didalam merintis bisnis, Anda termasuk bisa memulai bisnis bersama dengan yakin diri.

Penasaran bersama dengan kisah sukses pebisnis sukses asal Indonesia? Melalui artikel berikut, mari kami lihat 10 kisah sukses pebisnis Indonesia yang tentunya bisa menginspirasi Anda:

Biografi Pengusaha Sukses Di Indonesia

  • Pengusaha Sukses #1: William Tanuwijaya – Tokopedia

William Tanuwijaya dilahirkan terhadap tanggal 11 November 1981. Setelah tamat SMA, beliau merantau ke ibukota untuk melanjutkan pendidikan.

William Tanuwijaya kemudian menyita pendidikan di Universitas Bina Nusantara (Binus), jurusan Teknik Informatika.

William kemudian bekerja sampingan sebagai penjaga warnet, di mana beliau kemudian memperoleh tambahan pendapatan dan internet gratis. Dari sinilah William pertama kali mengenal internet lebih dalam.

Kisah suksesnya berlanjut selagi beliau bekerja di sebagian perusahaan software developer dan game developer, bahkan di perusahaan jual membeli online KafeGaul.

  • Kisah Sukses William Tanuwijaya Pendiri Tokopedia - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Dengan pengetahuan dan pengalaman yang sudah diperolehnya, William mengajak salah satu rekannya bernama Leontinus Alpha Edison, menekuni Tokopedia.com terhadap tanggal 6 Februari 2009 yang kemudian rilis terhadap 17 Agustus 2009.

Tanpa memakan selagi lama, Tokopedia memperoleh suntikan investasi terhadap th. pertamanya dan dinobatkan sebagai startup e-commerce terbaik di Indonesia oleh Bubu Awards.

Kini, Tokopedia jadi satu platform terbesar yang menghubungkan penjual dan costumer dengan proses jual membeli yang aman, nyaman dan praktis.

  • Pengusaha Sukses #2: Achmad Zaky – BukaLapak

Achmad Zaky lahir terhadap 24 Agustus 1986 di kota Sragen, Indonesia. Beliau adalah lulusan teknik informatika dari Institut Teknologi Bandung terhadap th. 2004.

Ketertarikannya dengan dunia informatika terlihat sejak bangku SD, dan terbukti dari kemenangannya di beragam kejuaraan dan olimpiade sepanjang mengenyam pendidikan.

Setelah lulus dari ITB, Achmad Zaky mendirikan perusahaan jasa konsultasi teknologi bernama Suitmedia.

Zaky sebabkan sebuah web site yang jadi proyek internal perusahaan. Proyek tersebutlah yang jadi asal keberhasilan Achmad Zaky pendiri bukalapak.com.

Kisah Sukses Achmad Zaky pendiri BukaLapak.com - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Setelah selesaikan pengembangan Bukalapak.com yang diselesaikan hanya didalam kurun selagi dua bulan, Achmad Zaky mengajak para pedagang mall dan UMKM untuk berhimpun di Bukalapak.com.

Tak disangka ajakan ini memperoleh tanggapan terlampau positif, dan menjadikan Bukalapak.com kondang didalam sekejap.

Seiring dengan perkembangan yang terlampau pesat, pendanaan dari investor kerap berdatangan.

Beberapa investor yang tertarik mendanai bukalapak.com antara lain adalah 500 Startups, Batavia Incubator, IMJ Investment, dan juga Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK Group).

  • Pengusaha Sukses #3: Ferry Unardi – Traveloka

Pendiri Traveloka Ferry Unardi, lahir terhadap 16 Januari 1988 di kota Padang.

Setelah selesaikan pendidikan di sekolah menengah, Ferry mengambil keputusan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Purdue University jurusan Computer Science and Engineering.

Setelah selesaikan pendidikan S1, beliau mengambil keputusan untuk bekerja di Microsoft, Seattle. Dengan tingkat kompetisi yang tinggi, Ferry menilai bahwa kariernya di Microsoft akan susah naik.

Beliau kemudian mengambil keputusan untuk berhenti bekerja dan melanjutkan studinya.

Sambil menekuni studi di Harvard University, Ferry Unardi tertarik untuk mengembangkan perusahaan rintisan (startup). Beliau menentukan bidang mesin pencari tiket pesawat.

Kisah Nyata Pengusaha Sukses

  • CHAIRUL TANJUNG

Chairul Tanjung sering dikenal dengan singkatan namanya, CT. Di segi lain, ia termasuk dikenal dengan sebutan “SI Anak Singkong”. Chairul Tanjung adalah salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Namanya tidak cuma dikenal di di dalam negeri, tapi termasuk hingga mancanegara.

Saat masih kuliah, Chairul udah terasa coba berbisnis kaos, buku, dan termasuk membuka jasa fotokopi. Kini Ia adalah pemilik CT Corp yang menaungi lebih dari satu anak perusahaan layaknya CT Global Resources, Trans Corp, dan termasuk Bank Mega.

Chairul adalah anak dari pasangan Abdul Ghafar Tanjung dan Halimah. Ketika era Orde Baru, perusahaan daerah ayahnya bekerja sebagai wartawan ditutup karena dianggap berseberangan dengan pemerintah. Keluarga Chairul terpaksa menjual rumah. Chairul kemudian tinggal di losmen sempit dengan orangtua dan enam saudara lainnya.

Ternyata selain sebagai pengusaha, CT pernah diangkat jadi Menko Perekonomian terhadap era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tidak cuma itu, Universitas Airlangga Surabaya mengukuhkan Chairul Tanjung sebagai Guru Besar Kewirausahaan terhadap 18 April 2015.

 

  • RACHEL VENNYA

Rachel Vennya adalah selebgram sekaligus pengusaha muda yang benar-benar populer di Indonesia. Ia miliki 3.9 Juta followers di Instagram pribadinya. Tidak heran jikalau Rachel Vennya jadi langganan online shop untuk jalankan endorsement. Tidak tanggung-tanggung, Rachel menempatkan tarif Rp 5 Juta – Rp 10 Juta untuk jasa endorsement darinya.

Rachel yang kini bergelimang harta dulunya pernah mengalami masa-masa sulit. Saat orangtuanya memastikan untuk berpisah, perekonomiannya dan sang ibu mengalami kesulitan. Dikisahkan, Rachel pernah menjajal usaha sebagai make up artist (MUA) dengan bayaran 200 Ribu Rupiah sekali booking.

Dulu, Rachel termasuk miliki badan yang gemuk. Ia kemudian meminum jamu pelangsing yang sebabkan berat badannya mampu ideal. Jamu pelangsing ini adalah racikan sang ibu.

Tanpa diduga, banyak teman-teman Rachel yang tertarik terhadap Jamu ini. Rachel pun memulai usaha berjualan jamu pelangsing racikan ibu  yang diberi nama Slim Fast. Rachel menjualnya dengan harga ratusan ribu rupiah. Produknya benar-benar diminati oleh warganet di media sosial.

Kini, Rachel udah miliki banyak usaha lainnya. Bersama sang suami, Rachel mengelola usaha clothing line, restoran dan kuliner, dan termasuk aktif sebabkan video di Youtube.

  • ACHMAD ZAKY

Tentu Anda termasuk udah mengenal Achmad Zaky, CEO marketplace BukaLapak. Ternyata Achmad Zaky adalah anak yang pintar. Saat duduk di bangku sekolah dasar, Zaky ikuti OSN di bidang komputer. Tidak tanggung-tanggung, Zaku mampu hingga di tingkat nasional.

Kecintaannya terhadap komputer menuntun Zaky untuk berkuliah di Institut Teknologi Bandung dengan menyita program belajar Teknik Informatika terhadap th. 2004. Ternyata, Zaky sukses miliki IPK prima di semester pertamanya. Tidak cuma di bidang akademik, Zaky termasuk aktif di luar bidang akademik. Zaky mendirikan Entrepeneur Club ITB. Organisasi berikut kini dikenal sebagai Technoentrepreneur Club (TEC ITB).

Ia pertama kali mendirikan BukaLapak terhadap th. 2011 di sebuah garasi mobil. Zaky mengajak pedagang untuk bergabung di BukaLapak. Awalnya Zaki mengalami kesulitan karena marketplace online masih asing. Akan tetapi, karena internet makin booming, banyak investor tertarik menanamkan modalnya di BukaLapak.

Usaha Zaki membuahkan hasil. Pada th. 20018, BukaLapak jadi start up ke-4 asal Indonesia yang sukses mencapai gelar unicorn. Status unicorn ini pertanda bahwa BukaLapak miliki valuasi mencapai 1 Miliar Dollar AS atau RP 14,2 Triliun.