Dapatkan Mobil Bekas Anda dengan Down Payment Sebesar Rp 0



Jual Mobil Pick Up Memiliki sebuah mobil bukanlah sesuatu yang mewah bagi masyarakat di zaman kini. Boleh dikatakan mobil merupakan salah satu keperluan dalam kehidupan. Baik untuk transportasi ke kantor, menghantar anak ke sekolah ataupun keperluan transportasi lainnya, tidak heran lagi mobil sangat diperlukan. Seiring dengan meningkatnya permintaan terhadap mobil, jumlah perusahaan yang membiayai pembelian mobil secara kredit quip menjamur. Sehingga memiliki mobil dengan sistem kredit bukanlah sesuatu yang sulit bagi masyarakat. Selama persyaratan kredit mudah dan tidak terlalu membebani, penduduk akan mencoba untuk mengambil kredit mobil untuk pembelian mobil baru ataupun bekas. 

Bagi Anda yang tidak mengalami permasalahan dalam keuangan, membeli mobil baru tentunya merupakan pilihan pertama. Akan tetapi, apabila Anda tidak ingin terbebani dengan angsuran berat karena harga mobil yang mahal, mobil bekas akan selalu menjadi jalan keluar terbaik. Selain harga yang relatif lebih murah dari mobil baru, expositions pengajuan kredit mobil bekas lebih cepat dan Down Payment (DP)/uang mukanya lebih rendah ketimbang kredit mobil baru. Dan apabila Anda terdesak membutuhkan mobil tetapi tidak memiliki dana untuk membayar DP, kredit mobil bekas tanpa DP masih dapat dilakukan. 

Jika Anda tertarik untuk mengambil kredit mobil bekas tanpa uang muka, berikut beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan dan pertimbangkan. Serta langkah mudah untuk mendapatkannya. 

Apa itu kredit mobil bekas tanpa DP/uang muka? 


Jual Mobil Pick Up - Kredit mobil bekas tanpa DP adalah program kredit mobil bekas dimana seluruh pembiayaan pembelian mobil ditanggung oleh pinjaman atau pihak kreditur, dengan tujuan untuk menekan biaya pengeluaran debitur. Kita semua tahu bahwa dalam pengambilan kredit mobil, debitur akan perlu menyisihkan sebagian dana untuk pembayaran DP. Kredit mobil akan membiayai maksimal hingga 80% dari harga mobil sedangkan 20% lagi dari akan menjadi Down Payment (DP). Dengan ketersedianya cara kredit mobil bekas tanpa DP, boleh dikatakan pengumpulan DP 20% tersebut tidak perlu menjadi kendala besar untuk mendapatkan mobil bekas. 

Jumlah perusahaan renting atau bank yang menyediakan layanan kredit mobil bekas memang sangat banyak, akan tetapi tidak semua lembaga ini dapat memberikan tanpa DP. Seperti yang dijelaskan di Apakah Mungkin Membeli Mobil Bekas Tanpa DP? Lembaga resmi pemberi kredit seperti bank umumnya tidak dapat memberikan program tersebut. Hanya sebagian lembaga resmi atau pada umumnya kreditur swasta yang dapat menyediakan program kredit mobil bekas tanpa Down Payment. 

Pertimbangan penting sebelum mengambil kredit mobil bekas tanpa DP 


Sebelum memutuskan untuk mengambil kredit mobil bekas tanpa DP, ada beberapa pertimbangan yang patut Anda perhatikan 

Jika Anda memilih untuk tidak membayar uang muka, pastikan Anda mampu untuk membayar angsurannya. 

Tidak ada DP memang dapat meringankan beban pengeluaran di saat awal, tetapi dengan tidak adanya DP berarti jumlah pinjaman kredit mobil sama dengan 100% dari harga mobil. Sehingga jumlah angsuran yang perlu dibayarkan setiap bulannya akan lebih tinggi daripada kredit mobil bekas dengan DP. Sebagai contoh: 

 Kredit Mobil Bekas Dengan DPKredit Mobil Bekas Tanpa DP
Harga Mobil BekasRp 70.000.000Rp 70.000.000
Down Payment (DP)20%0%
Jumlah PinjamanRp 56.000.000Rp 70.000.000
Tenor Pinjaman5 Tahun5 Tahun
Bunga Kredit Mobil5%5%
Jumlah AngsuranRp 1.166.666Rp 1.458.333

Seperti contoh tersebut angsuran per bulan untuk kredit mobil bekas tanpa DP akan lebih tinggi dibandingkan dengan DP. Jadi jangan terlalu memaksakan jika ternyata jumlah angsuran per bulan terlalu tinggi. Pastikan selalu jumlah angsuran dalam kemampuan keuangan Anda untuk membayarnya. Karena cukup banyak kejadian dimana mobil debitur ditarik perusahaan renting karena ketidaksanggupan membayar angsuran. 

Solusi terbaik bila mengetahui jumlah angsuran kredit mobil diatas kemampuan Anda adalah untuk menambahkan DP atau mencari harga mobil yang lebih murah. Pastikan juga Anda memeriksa terlebih dahulu simulasi kredit mobil untuk mengetahui jumlah angsuran per bulannya. Agar Anda dapat memperkirakan apakah angsuran kredit mobil bekas masih dalam jangkauan kemampuan keuangan bulanan. 

Rugi bila menjual mobil dalam waktu singkat. 


Bayangkan situasi ini, Anda membeli sebuah mobil, sesaat Anda mengemudikannya keluar dari demonstrate room, harga jual mobil tersebut akan jatuh setidaknya 20%. Dengan individualized organization lain, mobil Anda berharga 20% lebih rendah dari harga yang Anda bayar. Jika setelah mengemudi mobil tersebut dalam beberapa bulan dan Anda merasa ingin menjualnya. Anda kemungkinan besar dapat menjualnya dengan harga jual 80% dari harga asli mobil itu, karena mobil telah mengalami depresiasi. 

Bila Anda membeli mobil bekas tanpa uang muka, maka menjual mobil tersebut akan mengakibatkan 20% dari pinjaman Anda tidak terbayar karena harga jual mobil yang 80% dari harga asli mobil. Sedangkan pinjaman sama dengan 100% dari harga asli mobil. Oleh sebab itu, membeli mobil dengan DP terkadang ada baiknya dengan tanpa DP sama sekali, untuk mengantisipasi depresiasi dari harga jual mobil. 

Bagaimana cara mendapatkan kredit mobil bekas tanpa DP? 


Untuk mendapatkan kredit mobil bekas tanpa uang muka yang teramah di saku Anda, perhatikan beberapa tips dan langkah penting berikut. 

1. Pilih mobil bekas langsung dari Sang Pemakai jika memungkinkan 

Alasan utama Anda memilih mengambil kredit mobil bekas tanpa uang muka adalah menghemat pengeluaran. Mencari mobil langsung dari sang pemakai merupakan salah satu jalan untuk meminimalisasi pengeluaran. Walau akan membutuhkan sedikit usaha, dengan cara ini Anda dapat menikmati harga di bawah harga pasaran mobil bekas pada umumnya. Harga mobil dari pedagang mobil atau showroom mobil bekas umumnya lebih tinggi dari harga yang diterapkan si penjual. Hal ini sudah pasti, karena pihak perantara seperti pedagang mobil akan mengambil keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual. 

Walau tidak semua penjual pasti akan menjual dengan harga rendah. Terkadang sebagian penjual menjual dengan harga yang cukup tinggi juga dari pasaran. Hal ini tergantung pada theme dari si penjual. Apabila si penjual lagi membutuhkan dana dan terburu-buru ingin mejual mobilnya, situasi inilah yang umum dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan mobil bekas harga murah. Untuk cara mendapatkan mobil langsung dari pemakainya, Anda dapat mencari informasi dari teman, kenalan yang ingin menjual mobil, ataupun melalui iklan singular yang dipasang di koran atau site. 

2. Cari renting mobil bekas yang terpercaya 

Setelah menentukan pilihan mobil dan setuju dengan harganya, tahap berikutnya adalah mencari lembaga pembiayaan yang dapat memberikan kredit mobil. Dalam expositions pencarian ini, pastikan Anda memilih perusahaan renting yang terpercaya dan memiliki nama dalam compositions kredit mobil bekas. Sebagai contohnya Sinarmas Multifinance, Indomobil Finance, Astra Credit Companies, dan Adira Kredit Mobil. Hal ini untuk menghindari dari expositions mendapatkan kredit yang rumit dan suku bunga yang tidak menentu ataupun penipuan. 

Jika Anda telah memiliki kenalan dari pihak renting, hal ini dapat sangat membantu Anda untuk mendapatkan kredit mobil bekas tanpa DP. Sebagian perusahaan renting memberikan langsung program tanpa DP. Akan tetapi, Jika program ini tidak tersedia maka Anda dapat bekerjasama dengan pihak renting untuk meningkatkan harga mobil tersebut. Sehingga nilai pinjaman yang diterima akan mencakupi harga penuh dari mobil bekas tersebut. 

Sebagai contoh, Anda ingin membeli mobil dengan harga Rp 70.000.000. Kemudian Anda ingin mengambil kredit mobil 100% dari harga tersebut tanpa DP sama sekali. Sedangkan, perusahaan renting mengharuskan Anda untuk meletakan DP sebesar 20% dari harga mobil, dengan individualized structure lain Rp 14.000.000. Untuk menutupi DP ini, bekerjasamalah dengan kenalan merchant Anda di renting tersebut untuk meningkatkan harga mobil menjadi Rp 87.500.000 di aplikasi pengajuan. Hal ini akan mengakibatkan perusahaan renting memberikan kredit 80% dari harga mobil Rp 87.500.000 sehingga Anda mendapatkan Rp 70.000.000. Dengan demikian, Anda dapat menutupi harga mobil secara penuh tanpa mengeluarkan DP ke penjual mobil. 

Jika Anda tidak memiliki kenalan, maka Anda masih dapat menggunakan cara penjamin. Anda akan membutuhkan anggota keluarga atau teman dengan catatan kredit atau keuangan yang kuat untuk menjadi penjamin. Jadi siapapun yang Anda pilih sebagai penjamin, akan menerima tanggung jawab untuk pembayaran kredit mobil juga. Sehingga apabila Anda tidak mampu membayar angsuran maka konsekuensinya akan dikenakan kepada penjamin dan Anda. Menggunakan cara penjamin ini akan membuat pihak renting lebih yakin untuk memberikan Anda pinjaman jumlah lebih tinggi ataupun tanpa DP. Karena resiko untuk pihak renting akan lebih rendah. 

3. Ajukan aplikasi kredit mobil bekas 

Setelah Anda menemukan pilihan renting dan mobil, tahap selanjutnya tentunya mengajukan aplikasi kredit mobil di pihak renting tersebut. Compositions pengajuan aplikasi pinjaman mobil bekas tidaklah sulit. Berikut langkah dan persyaratan yang harus dipenuhi.