Seputar Cara Investasi Reksadana

Reksadana ialah kumpulan dana yang dikelola untuk membeli saham, obligasi, atau instrumen keuangan lainnya. Kemudahan reksadana berlokasi pada besaran investasi yang tak perlu sebesar saham, yang membutuhkan modal puluhan juta. Anda cuma perlu menaruh sejumlah modal yang dipercayakan terhadap profesional untuk membeli saham sehingga anda tak perlu pusing memikirkan saham atau obligasi apa yang harus dibeli, manajer investasi yang akan mengelola modal anda.

Seputar Cara Investasi Reksadana bagi Pemula


Investasi pada reksadana ialah salah satu investasi strategis bagi masyarakat pemodal, termasuk bagi para pemodal kecil dan orang-orang yang tak mempunyai banyak waktu dan pengetahuan yang mendalam mengenai literasi keuangan, terlebih untuk menghitung resiko atas suatu investasi. Namun banyak orang tak mengenal Cara Investasi Reksadana.

Bagaimanakah Cara Investasi Reksadana? Beikut ialah langkah-langkahnya
 

Seputar Cara Investasi Reksadana dengan Mudah bagi Pemula


1. Tentukan Tujuan
Yang pertama dalam Cara Investasi Reksadana adalah mengetahui tujuan anda berinvestasi. Tujuan anda berhubungan dengan bentang waktu investasi dan variasi reksadana yang tepat untuk anda.

2.Kenali variasi-variasi reksadana
Ada beraneka variasi reksadana, mulai dari reksadana pasar uang, pendapatan tetap, terproteksi, campuran, saham, index, dollar, syariah, dan penyertaan terbatas.

3. Tentukan bentang waktu investasi
Untuk bentang waktu kurang dari setahun sebaiknya anda memilih reksadana pasar uang.Untuk investasi 1-3 tahun, anda bisa memilih reksadana pendapatan tetap Untuk bentang waktu 3-5 tahun, pakailah reksadana campuran. Terakhir, untuk jikalau menginginkan investasi bentang panjang lebih dari 5 tahun, pakailah reksa dana saham.

4. Langkah-langkah investasi reksa dana
Tentukan mana yang seusau dengan keperluan anda. Jika berkeinginan uang lebih aman dengan hasil keuntungan yang terbatas maka pilih reksa dana pasar uang, melainkan jikalau berkeinginan keuntungan lebih dan cakap akan resikonya, anda bisa memilih reksadana campuran.
Langkah kedua ialah memilih produk reksadana yang seusai dengan alternatif variasi reksa dana anda. Lihat rekam jejak keuntungannya selama 3 tahun terakhir. Pastikan keuntungannya tetap.

5.Pastikan reksadana mempunyai izin

6. Baca Prospektus Reksadana
Prospektus bisa dikatakan sebagai buku manual untuk berinvestasi di reksadana. Segala variasi isu yang Anda butuhkan seputar reksadana ada di sini, mulai dari perizinan, manajer investasi, kebijakan investasi, biaya-biaya investasi, hingga tata sistem pembelian dan penjualan reksadana.


Demikian seputar Cara Investasi Reksadana, semoga berkhasiat dan mohon maaf jikalau ada kesalahan.