Kumpulan Berita Terbaru Masa Kini

Tuesday, November 14, 2017

Bei Saham di Bursa Efek

Ada banyak ragam investasi yang ada di dunia saat ini, seperti investasi properti, bisnis, deposito, reksadana, dan lain sebagainya. Semua kegiatan investasi yang ada tersebut memiliki tujuan untuk memperoleh margin keuntungan agar harta benda berkembang dan semakin bertambah banyak. Salah satu pilihan instrumen investasi yang banyak digunakan orang kaya tak lain adalah saham. Investasi saham merupakan salah satu peluang investasi terbaik di tahun ini. Apalagi jenis investasi ini dapat dimulai dengan modal yang kecil..


Dalam membeli saham, maka berarti Anda membeli sebagian kecil dari perusahaan. Cara beli saham yang dilakukan sekarang lebih mudah dibandingkan dengan pembelian saham di masa dulu. Saat ini, hampir setiap orang yang memiliki sebuah komputer dapat membeli maupun mejual melalui jasa firma saham. Nah, bagi Anda yang baru pertama kali akan bermain saham, memang akan ada banyak pertanyaan yang muncul di benak Anda seperti misalnya apa langkah awal yang harus dilakukan, bagaimana cara pembeliannya, dll. Namun dengan membaca artikel kali ini, maka dapat dipastikan akan menambah wawasan Anda mengenai bagaimana cara beli saham terbaru dll. Banyak hal yang akan terjawab pada artikel kali ini.
Cara Bei Saham di Bursa Efek Indonesia yang Mudah Dilakukan.

Cara beli saham di Bursa Efek Indonesia merupakan salah satu jenis pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak orang, terutama oleh para pengusaha maupun pebisnis yang baru mau terjun ke dunia pembelian dan penjualan saham dan ingin memperoleh penghasilan tambahan dari investasinya tersebut yang banyak dikatakan orang sebagai salah satu ceruk untuk melipatgandakan kekayaan paling cepat dan tentunya simple tanpa harus kerja, tapi tetap halal dan tidak melanggar ketentuan hukum yang ada. Salah satu pikiran yang berkembang di masyarakat adalah bahwa bermain saham merupakan salah satu judi, namun hal tersebut tidak benar karena bermain saham dilakukan dengan perhitungan yang matang dan juga dilakukan dengan berbagai pertimbangan.

Content Image

Jika Anda bertanya bagaimana caranya membeli berarti Anda bertanya apa saja proses yang harus dilakukan ketika ingin membeli saham perusahaan. Sebelum menjawab pertanyaan tersebut maka sebaiknya Anda mengetahui mengenap perkembangan bidang saham yang ada di Indonesia. Perlu Anda ketahui bahwa ternyata orang yang terjun ke dalam dunia saham di Indonesia masih kurang dari 1% dari total penduduknya yaitu hanya sekitar 800 ribu jiwa. Angka tersebut terbilang kecil jika dibandingkan dengan negara tetangga yang bahkan pemain sahamnya sudah ada yang melebihi hingga 5% dari jumlah penduduknya. Padahal, jika dibandingkan dengan deposito, investasi emas, reksadana, dan yang lainnya, ternyata saham adalah salah ssatu yang paling baik dalam membantu melipatgandakan keuangan dalam waktu singkat dan mudah. Hal tersebut diungkapkan dan dipraktikkan oleh Warren Buffett yang pernah sukses menjadi orang terkaya di dunia. Contoh lain adalah pak Lo Keng Hong dari Indonesia yang juga berhasil meningkatkan kekayaannya sampai 6000% (enam ribu persen) dalam waktu kurang dari 10 tahun.
Dokumen yang Diperlukan untuk Membuka Rekening Saham

Ada beberapa dokumen yang diperlukan untuk membuka sebuah rekening saham. Berikut ini merupakan beberapa dokumennya:
Fotokopi KTP
Data ahli waris
Alamat tempat tinggal
Fotokopi buku rekening Bank
Data pekerjaan maupun bidang usaha yang dijalani
Langkah dan Cara Beli Saham Perusahaan

Salah satu langkah pertama yang wajib dilakukan oleh calon investor saham adalah dengan belajar mengenai apa itu saham dan segala yang berkaitan dengannya. Hal-hal seperti pengertian saham, cara analisa teknikal dan fundamental, cara mengecek harganya dan lain sebagainya agar terhindar dari kerugian. Anda harus memperhatikan bahwa keuntungan dari saham cukup tinggi, tetapi juga harus diketahui bahwa risiko yang dapat timbul juga sangat tinggi, hal itu sebanding dengan keuntungannya, tetapi itu dapat dihindari jika kita tahu manajeman yang baik.

Anda perlu memilih perusahaan sekuritas yang baik untuk dijadikan tempat membuat akun transaksi saham Anda. Akun online Anda nantinya dapat digunakan untuk melakukan transaksi jual beli saham di Bursa Efek Indonesia dengan bantuan perusahaan sekuritas tersebut yang berlaku juga sebagai broker atau perantaranya. Alah satu contohnya adalah Anda telah memilih perusahaan sekuritas-nya, anggaplah Anda memilih Mandiri Sekuritas. Nah, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan mengunjungi situs www.most.co.id (tinggal pilih apakah akun yang akan dibuka bentuknya konvensional atau menggunakan sistem Syariah).

Ketika Anda sudah masuk di situs tersebut dan memilih jenis investasi sahamnya, maka selanjutnya hal yang dapat Anda lakukan adalah mendaftar dengan mengisi formulir yang disediakan dengan mengunduhnya lebih dahulu. Isi dengan benar setiap formulir yang disediakan tersebut, terutama alamat email karena nantinya alamat email akan dijadikan sebagai alat untuk komunikasi, terutama untuk mengirim password aktivasi akun online Anda. Setelah itu Anda perlu mengirim ke alamat yang telah disebutkan dalam panduan yang dapat dibaca pada halaman FAQ.

Ketika Anda sudah mengirim, maka Anda tinggal menunggu kurang lebih 1 s/d 2 minggu, maka selanjutnya pihak dari sekuritas akan mengirimkan data login Anda ke akun online www.most.co.id tersebut yang terdiri dari password dan username yang terdiri dari angka. Jika Anda sudah mengetahui password dan usernamenya maka Anda perlu mengunjungi www.most.co.id untuk mulai login.

Jika Anda sudah berhasil login dan dapat mengganti password maka langkah selanjutnya adalah dengan bersabar dan menunggu pembuatan rekening akun Anda yang akan memakan waktu hingga maksimal 1 bulan lamanya. Ketika penantian Anda terjawab dengan mendapat nomor rekening maka langkah selanjutnya dengan melakukan transfer ke rekening tersebut agar nantinya dana tersebut akan digunakan untuk melakukan transaksi pembelian dan penarikan dana ke rekening pribadi yang juga telah didaftarkan saat mengisi formulir pertama kali.

Jika semua tahap cara beli saham di atas sudah dilakukan, maka bersiaplah untuk mulai membeli saham perusahaan yang sudah Anda incar dengan melakukan bid atau Buy dengan harga tertentu sesuai analisa anda. Adapun cara yang dapat dilakukan adalah dengan login terlebih dahulu baru kemudian memilih menu \'Trade\', dan terlebih dulu cek harganya di menu Stock Search. Jika Anda sudah tahu, maka barulah lakukan order pada kolom bawahnya di sebelah kanan yang tertulis \'Summary\' dan Order Form\', isilah sesuai dengan yang sudah Anda cek.

Berdasarkan uraian di atas maka Anda mengetahui bahwa cara beli saham tidaklah sesulit yang mungkin Anda bayangkan sebelumnya. Anda dapat membeli saham di Bursa Efek Indonesia dengan jenis produk saham yang cukup beragam. Perlu ditekankan sekali lagi bahwa memang keuntungan dari saham sangat mengiurkan dari segi capital gain maupun deviden, untuk itu jangan ragu untuk memulai bermain saham karena bermain saham merupakan sebuah pekerjaan yang menawarkan penghasilan menggiurkan meski tentu dengan potensi kerugian yang besar pula.


Demikianlah langkah dan cara beli saham yang perlu Anda ketahui sebelum akhirnya memutuskan untuk terjun ke permainan saham.

Bei Saham di Bursa Efek Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Optimasi