Wanita Indonesia Masuk 100 Tokoh Paling Berpengaruh dan Inspiratif 2016

Wirausaha Kekinian - Media asal Inggris, BBC baru saja merilis daftar nama 100 tokoh wanita withering berpengaruh dan inspiratif selama 2016. Di antara daftar tersebut, terdapat salah satu nama asal Indonesia yakni musisi, Kartika Jahja. 

Seperti dilansir laman BBC, pemilihan Kartika Jahja tentu dengan alasan kuat. BBC menilai wanita kelahiran 19 Desember 1980 ini merupakan pejuang yang gencar menyuarakan kesetaraan sexual orientation lewat lagu-lagu ciptaannya.



BBC bahkan memasang kutipan di laman profil Kartika Jahja yang menyebut ketidaksetaraan dapat diibaratkan seperti polusi. 

"Ketidaksetaraan itu seperti polusi. Kita tidak sadar telah menghirupnya setiap hari, tetapi itu memasuki tubuh kita," tulisnya Tokoh Inspirasi Indonesia. 

Tika, sapaan Kartika Jahja, memang aktif menyuarakan kesetaraan sexual orientation di Indonesia. 

Dia juga bergabung dengan gerakan worldwide hostile to kekerasan terhadap perempuan, One Billion Rising sejak 2013 silam. Dalam wadah itu dia bersama aktivis dan seniman lainnya mengampanyekan kesetaraan sexual orientation. 

Kartika Jahja juga terkenal lewat band Tika and The Dissidents. Band tersebut telah merilis collection The Headless Songstress pada 2009 dan collection Merah pada 2016. Selain sebagai musisi, Tika juga merupakan seorang penulis, pemeran, dan wiraswastawati.